Digital

Tips Mengasuh Anak di Era Digital agar Tidak Kecanduan Gadget

Gadget menjadi barang yang tidak asing lagi bagi anak-anak di era digital seperti sekarang ini. Beberapa anak bahkan mendapatkan akses gadget saat usianya masih sangat muda di bawah 5 tahun.

Penggunaan ponsel atau gadget memang perlu agar anak tidak ketinggalan teknologi. Namun penggunaan gadget yang berlebihan akan berdampak buruk dan menyebabkan kecanduan. Berikut adalah beberapa tips mengasuh anak agar tidak kecanduan ponsel.

Tips Mendidik Anak agar Tidak Kecanduan Gadget

  1. Batasi penggunaan gadget pada anak

Penggunaan ponsel pintar atau gadget pada anak memang harus dibatasi. Penggunaan yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk seperti kecanduan gadget. Namun yang perlu orang tua ketahui adalah membatasi tanpa mengekang anak.

Cara mendidik anak di era digital ini mungkin jauh berbeda dengan anak-anak zaman dulu. Anak-anak milenial lebih sulit patuh apabila orang tua terlalu mengekang aktivitas atau kegiatannya.

Saat ingin membatasi penggunaan gadget anak, sebaiknya tidak menggunakan kata “Jangan” atau kata-kata yang melarang anak untuk melakukan sesuatu. Anda bisa memberikan penjelasan mengapa tidak boleh terlalu lama menggunakan gadget.

Anak akan lebih mudah patuh dengan mendengarkan penjelasan dibandingkan mendapatkan sebuah larangan. Beri penjelasan juga apa saja akibat buruk dari penggunaan gadget yang melebihi batas.

  1. Berikan pendampingan untuk anak

Pendampingan orang tua atau orang-orang di sekitarnya dapat membantu mencegah anak kecanduan gadget. Selain itu, mendampingi anak juga akan membantu orang tua untuk lebih mengenal sifat anak dan apa yang diinginkannya.

Dampingi anak dan pelajari apa yang menjadi kemauan anak, lingkungan pertemanan, bakat, cara bermain, dan apa saja yang dilakukan anak setiap harinya. Intinya orang tua juga harus lebih aktif mendampingi dan mengawasi kegiatan anak.

Perbanyak waktu Anda bersama anak agar mereka merasa disayangi dan diperhatikan oleh orang tuanya. Tidak sedikit anak yang bermain ponsel karena orang tua yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk bersama mereka.

  1. Lakukan komunikasi yang baik dengan anak

Mendidik anak milenial memang memiliki tantangan tersendiri. Berbeda dengan anak-anak zaman dulu, anak-anak yang tumbuh di era digital seperti sekarang ini lebih mampu untuk mengekspresikan diri dan mengemukakan pendapatnya.

Jadi orang tua juga harus bisa mengimbangi cara berkomunikasi dengan anak-anak zaman sekarang. Jaga komunikasi dengan si anak dengan cara-cara yang menyenangkan dan tidak membanding-bandingkan dengan anak zaman dulu.

Saat anak sudah sibuk dengan gadget, orang tua bisa mendekati anak dan mulai komunikasi membahas hal-hal yang memang si anak sukai. Apabila yang dibicarakan lebih menarik, anak mungkin akan menutup gadget dan berhenti menggunakannya.

Tips Mengatur Penggunaan Ponsel atau Gadget pada Anak

  1. Buat jadwal penggunaan ponsel atau gadget

Para orang tua perlu membuat aturan agar anak tidak terlalu lama menggunakan ponsel mereka. Buat aturan sejak anak diberi gadget dengan jadwal kapan si anak boleh dan tidak boleh menggunakannya.

Buat kesepakatan seperti tidak boleh ada ponsel di meja makan, ponsel harus dimatikan saat jam belajar di rumah, dan lain sebagainya. Orang tua harus menjalankan peraturan tersebut dengan konsisten.

Saat orang tua sibuk atau terlalu lelah dengan pekerjaan, bisa saja mereka lupa dan membiarkan anak menggunakan gadget di luar jadwal seharusnya. Jadi, orang tua juga harus konsisten agar anak tetap disiplin dengan peraturan yang sudah dibuat.

  1. Batasi waktu penggunaan gadget

Orang tua perlu tahu berapa lama durasi waktu penggunaan gadget untuk anak. Tidak disarankan untuk memberikan gadget pada anak usia di bawah 2 tahun.

Namun untuk kondisi tertentu, anak di atas 1,5 tahun dapat menggunakan gadget dengan pendampingan orang tua. Durasi waktu penggunaannya adalah tidak lebih dari 1 jam per hari.

Bagi Anda yang memiliki anak usia 2-5 tahun, kontrol penggunaan ponsel agar tidak lebih dari 1 jam per harinya. Orang tua juga harus memastikan apa yang dibuka atau ditonton anak adalah konten yang berkualitas.

Sedangkan untuk anak usia lebih dari 6 tahun, sebaiknya dibatasi maksimal 2 jam per hari. Orang tua juga bisa membuat kesepakatan seperti hanya menggunakan ponsel atau gadget saat akhir pekan agar anak tidak kecanduan.

  1. Sediakan permainan alternatif

Selain dengan membuat aturan dan jadwal, orang tua bisa membatasi penggunaan gadget anak dengan cara menyediakan permainan alternatif. Permainan yang tentunya lebih edukatif dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Sediakan permainan yang disukai anak agar anak tidak cepat bosan dan kembali ke ponselnya. Pilih permainan yang dapat membantu anak berkreasi dan melatih fokus anak.

Itulah beberapa tips untuk mendidik anak di era digital agar tidak kecanduan ponsel atau gadget. Jangan lupa juga untuk orang tua memberikan contoh yang baik pada anak seperti tidak menggunakan gadget terlalu sering di depan anak.