Digital

Pengaruh Teknologi Komunikasi dan Informasi Untuk UMKM

Di zaman yang serba canggih ini, pastinya akan mempengaruhi UMKM dalam melakukan proses pemasaran. Hal ini termasuk di bidang teknologi komunikasi dan informasi yang tentu saja berpengaruh dalam kemajuan sebuah usaha. Hal ini perlu dicermati karena pastinya akan bermanfaat untuk pelaku usaha.

Adapun beberapa pengaruh yang bisa didapatkan dari komunikasi dan informasi yang serba maju di tahun 2021 untuk UMKM. Apa saja? Berikut akan di bahas pada website terupdate terpercaya yang satu ini tentang pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemajuan UMKM. Semoga informasi dapat membantu Anda.

Alasan Teknologi Komunikasi dan Informasi Mempengaruhi UMKM

UMKM adalah sebuah unit usaha yang menengah yang biasanya dimiliki oleh pengusaha-pengusaha pemula yang produknya mengedepankan produk hasil daerah. Produk yang dijual pun bermacam-macam seperti makanan, tas, baju, dan lain sebagainya.

Hal ini sangat luar biasa apabila di dukung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih canggih. Apa saja alasan mengapa komunikasi dan informasi mempengaruhi UMKM? Berikut ini alasannya.

  • Akses Informasi yang cepat

Pastinya hal ini akan memberikan kesempatan pada UMKM untuk mengetahui tren produk di luaran seperti apa yang bisa diaplikasikan pada produk yang dibuat UMKM. Semisal karena adanya informasi bahwa orang – orang menyukai kopi, maka pelaku UMKM berlomba – lomba untuk membuat sebuah produk yang berhubungan dengan kopi.

Alhasil penjualan dari UMKM dapat meningkat karena akses informasi yang cepat. Informasi sangatlah penting karena bisa menjadi pertimbangan dalam sebuah langkah besar. Bayangkan saja jika tidak memiliki informasi yang akurat atau terlambat, maka UMKM dapat kehilangan kesempatannya untuk mendapatkan untung yang sangat besar.

  • Mempermudah Proses Operasional

Selanjutnya menurut website terupdate terpercaya yang satu ini, adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini akan mempermudah proses operasional. Bisa dibayangkan jika sebelumnya tidak ada teknologi yang bernama telepon, maka orang-orang tidak akan cepat dalam menangani sesuatu karena kecepatan komunikasi belum terlalu cepat.

Selain itu membantu operasional ini dimaksud dengan memberikan komunikasi yang cepat sehingga bisa menyelesaikan masalah lebih baik dan tidak menyebabkan kegagalan. Komunikasi yang semakin lancar akan membuat orang-orang mudah mendapatkan informasi secara menyeluruh dalam suatu usaha seperti UMKM.

  • Menghemat Biaya Pemasaran

Dahulu sebelum zaman serba canggih, biaya pemasaran yang dikeluarkan cukup besar karena masih digunakan cara manual seperti membuat pamflet, membuat ikan dengan harga ratusan juta di televisi, dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan pengeluaran biaya pemasaran sangat besar yang terkadang menghasilkan margin keuntungan yang sangat sedikit jika telah dikalkulasikan.

Namun, jika sudah ada kemajuan teknologi informasi dan komunikasi maka melakukan pemasaran serasa mudah. Hal positif lainnya adalah perusahaan bisa mengatur jumlah uang yang dikeluarkan untuk iklan. Ini menjadi sangat menguntungkan untuk para UMKM yang ingin memperkenalkan brand produk yang dihasilkan.

  • Pekerjaan Menjadi Mudah

Pastinya dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi akan mempermudah pekerjaan seseorang. Semisal yang dulunya harus berkeliling untuk membagikan selebaran, maka pekerjaan itu berubah menjadi orang – orang yang memberikan product knowledge hanya dengan menggunakan sosial media. Hal itu juga termasuk pekerjaan administrasi dan lain-lainnya yang membutuhkan perhitungan yang rumit.

Sehingga adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini membuat pekerjaan dari sebuah UMKM menjadi lebih mudah. Mungkin saja yang dalam tahap berkembang tidak memerlukan banyak pekerja karena sudah dibantu dengan berbagai macam teknologi.

  • Bisa Go Internasional

Karena adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pun juga membuat UMKM dapat berkembang dan menjadi go internasional. Hal ini dimaksudkan karena produk yang dijual oleh UMKM dapat dipasarkan ke seluruh dunia dengan menggunakan marketplace.

Jika produk bisa terjual di seluruh dunia, selain UMKM tersebut terkenal maka dapat membantu perekonomian negara. Sehingga hal ini benar-benar sangat menguntungkan bagi beberapa pihak hanya karena sebuah produk dapat di jual ke luar negeri. Pastinya akan membuat pada UMKM lainnya dapat mencontoh dan bisa menjual produk yang mereka buat ke luar negeri juga.

  • Komunikasi Tanpa Batas

Hal ini menjadi pengaruh yang besar pada UMKM. Adanya teknologi komunikasi membuat orang-orang yang sedang berada di level UMKM dapat melakukan perkumpulan dan mendiskusikan masalah UMKM yang mereka miliki. Jadi akan terus menerus terjadinya diskusi yang saling membangun dan memberikan informasi yang tidak terbatas.

Demikian beberapa pembahasan tentang kemajuan teknologi informasi dan komunikasi bagi UMKM. Walaupun ada berbagi macam hal positif, namun Anda harus tahu juga ada sisi negatif yang harus Anda pelajari hingga bisa Anda tangani dengan cepat. Semoga informasi ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk UMKM milik Anda. Jangan lupa baca artikel lainnya dari website terupdate terpercaya.