Rumah

Cara Membangun Rumah yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki rumah sendiri menjadi impian bagi banyak orang. Namun membangun sebuah hunian tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu beberapa persiapan dan langkah-langkah seperti berikut untuk mewujudkan sebuah rumah impian.

Tahapan Membangun Rumah

  1. Sipil

Tahapan membangun rumah dimulai dengan menyiapkan alat dan bahan material bangunan. Selanjutnya adalah membangun rumah yang terdiri dari beberapa tahapan berikut.

  • Membuat pondasi
  • Menyiapkan struktur beton
  • Memasang dinding
  • Membangun atap
  • Memasang instalasi air dan listrik
  • Memasang pintu, kusen, dan jendela
  • Memasang plafon
  1. Finishing

Setelah bangunan rumah jadi dan terpasang dengan instalasi listrik, maka dilanjutkan dengan pekerjaan finishing. Beberapa pekerjaan finishing dalam membangun rumah terdiri dari beberapa langkah seperti berikut.

  • Politur
  • Pemasangan lantai
  • Pengecatan
  • Pemasangan lampu, saklar, dan stop kontak
  • Pemasangan kran air
  • Pemasangan pintu masuk dan pintu pagar depan
  • Membuat tempat parkir dan jalan masuk
  1. Serah terima pekerjaan

Serah terima pekerjaan dilakukan antara pemilik rumah dan juga pekerja proyek. Dimulai dengan melakukan serah terima pertama saat akan membangun rumah. Setelah masa garansi, dilakukan serah terima kedua dan rumah sudah siap ditempati.

Cara Membangun Rumah yang Perlu Diketahui

  1. Menyiapkan lokasi dan budget

Siapkan budget untuk membangun rumah agar mudah untuk menentukan konsep dan membuat anggaran pembangunan. Jika tidak terlalu paham dengan biaya-biaya membangun rumah, maka bisa menggunakan jasa konsultan.

Siapkan juga lokasi untuk membangun rumah dan tempat menyimpan bahan-bahan bangunan. Perhatikan jalur atau jalanan yang akan dilalui untuk mengantar bahan material.

  1. Menetapkan desain rumah

Desain rumah dapat disesuaikan dengan keinginan dan juga budget yang dimiliki. Gambar desain rumah diperlukan agar pekerja atau tukang dapat membangun rumah dengan lebih efisien.

Desain rumah dibuat dengan membuat gambar, ukuran, detail ruangan, material yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Jadi nantinya tukang dapat langsung bekerja sesuai dengan desain dan tidak banyak bongkar pasang karena detail yang tidak sesuai.

  1. Mencari pekerja

Pemborong dan pekerja bangunan profesional dibutuhkan untuk membangun rumah. Diskusikan mengenai berapa lama waktu untuk menyelesaikan proyek, biaya konsumsi harian, dan juga biaya jasa mereka.

Semakin lama waktu pengerjaan, maka biaya untuk jasa pekerja akan semakin besar. Ditambah lagi dengan biaya operasional seperti rokok, kopi, dan makanan ringan. Oleh sebab itu, penting untuk menyiapkan rencana dan menggunakan waktu secara efisien.

  1. Menyiapkan material

Siapkan material bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Pilih bahan material yang berkualitas bagus dan harganya lebih murah. Sebelum membeli material, bandingkan dulu harga-harga material bangunan di beberapa toko.

Setelah menemukan yang murah dengan kualitas yang sama atau lebih bagus, bisa langsung membelinya. Jika ingin lebih hemat dalam membuat rumah, Kamu juga bisa mengganti material bangunan dengan bahan alternatif yang memiliki kekuatan sama.

  1. Membuat agenda pembangunan

Membuat agenda pembangunan dengan menentukan tanggal untuk memulai membangun rumah. Pilih waktu yang tepat agar biaya pembangunan rumah menjadi lebih murah.

Saat tahun baru dan libur nasional biasanya harga material cukup tinggi. Jadi sebaiknya pilih waktu yang tepat agar bisa membeli bahan material dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Itulah beberapa cara untuk membangun rumah yang perlu diketahui. Selain butuh biaya besar, membangun rumah juga memerlukan persiapan yang matang. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara dan tahapan-tahapan membangun rumah.